Surat Resmi Permohonan Ijin

Contoh Surat Resmi Permohonan Ijin

Pengertian Surat Resmi Permohonan Ijin adalah surat yang digunakan untuk keperluan formal/ resmi oleh pihak-pihak tertentu, baik itu perorangan, lembaga, organisasi, atau instansi tertentu untuk saling berkomunikasi satu sama lain secara formal. Surat resmi Permohonan Ijin dibuat dengan kaidah dan aturan yang telah ditentukan, misalnya penggunaan bahasa baku, isi surat harus efektif dan jelas, dan dibuat dengan cermat sesuai keperluannya.

Pengertian Surat Resmi Permohonan Ijin adalah surat yang digunakan untuk keperluan formal Contoh Surat Resmi Permohonan Ijin
Contoh Surat Resmi Permohonan Ijin

Fungsi Surat Resmi Permohonan Ijin
Surat resmi Permohonan Ijin memiliki fungsi khusus yang tidak dapat kita temukan pada jenis surat lainnya. Mengacu pada pengertian surat resmi di atas, berikut ini adalah beberapa fungsi surat resmi tersebut:

  1. Sebagai sarana informasi atau pemberitahuan mengenai hal-hal tertentu yang disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lainnya, misalnya penyampaian gagasan atau pemikiran.
  2. Surat resmi dapat berfungsi sebagai bukti tertulis (otentik) dalam bentuk dokumen dimana isinya dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.
  3. Sebagai pedoman kerja dalam melakukan suatu kegiatan atau aktivitas dimana surat resmi tersebut berisi tentang langkah-langkah kerja untuk pekerjaan tertentu.
  4. Sabagai alat untuk pengingat bagi si penerima surat baik itu perorangan, organisasi, atau lembaga. Itu sebabnya surat resmi perlu didokumentasikan agar dapat digunakan sebagai data di kemudian hari.
  5. Surat resmi juga berfungsi sebagai bukti historis dan bukti kronologis.
  6. Meskipun saat ini telah ada fasilitas teknologi seperti email (surat elektronik) dan lainnya, peran surat resmi dalam bentuk print out masih tetap diperlukan untuk keperluan tertentu, baik itu keperluan bisnis, niaga, pemberitahuan, dan keperluan lainnya.


Ciri-Ciri Surat Resmi Permohonan Ijin
Kita dapat mengenali sebuah surat resmi Permohonan Ijin dari karakteristiknya. Berikut ini adalah ciri-ciri surat resmi Permohonan Ijin sehingga kamu bisa mengenalinya dengan mudah:
  1. Surat resmi menggunakan bahasa baku sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) mulai dari kosa kata, frasa, hingga tata bahasa yang dipakai.
  2. Surat resmi dibuat dengan bahasa yang singkat, padat, dan efektif, serta mudah dimengerti maksud dan isinya.
  3. Surat resmi tidak menggunakan bahasa implisit, tapi bahasa eksplisit.
  4. Dibuat dalam bentuk full block atau semi block/ intended block
  5. Terdapat kop surat yang menyebutkan pihak yang mengeluarkan surat resmi tersebut.
  6. Di dalam surat resmi selalu dicantumkan nomor surat, perihal, tanggal, alamat tujuan, dan lampiran bila ada.
  7. Surat resmi membutuhkan stempel atau cap khusus untuk kondisi tertentu.
  8. Surat resmi bentuknya sistematis dan dibuat sesuai aturan yang baku.