PENDAFTARAN ITB


Tahun ini kamu akan masuk ke jenjang perkuliahan? Dijamin sudah sibuk sejak lama mempersiapkan diri mendaftar mahasiswa baru di kampus favorit. Khusus untuk kamu yang mengincar Institut Teknologi Bandung maka penting untuk mengetahui bagaimana proses pendaftaran maupun dokumen persyaratan pendaftaran tersebut. 

Cara Mendaftar di Institut Teknologi Bandung

Pendaftaran di Institut Teknologi Bandung bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi website resminya di https://usm.itb.ac.id/. Bagian halaman utama atau home akan disediakan pilihan menu untuk melakukan proses registrasi sampai proses mengunggah dokumen persyaratan. Institut Teknologi Bandung sendiri membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru, yakni: 

  1. Jalur SNMPTN karena memang Institut Teknologi Bandung masuk ke dalam jajaran universitas negeri di Indonesia. 
  2. Jalur SBMPTN untuk kamu yang ingin mengikuti ujian berbasis komputer dan ujian tertulis di Institut Teknologi Bandung. 
  3. Jalur KIP Kuliah, yakni jalur untuk calon mahasiswa yang kurang mampu sehingga mendapatkan program beasiswa dari pemerintah bersama Institut Teknologi Bandung. 
  4. Jalur Pertukaran Mahasiswa ITB (Institut Teknologi Bandung), yakni jalur untuk mahasiswa di universitas luar negeri yang menjadi mitra ITB untuk mengikuti pendidikan disini. 
  5. Jalur PMBLN, yang ditujukan untuk mahasiswa WNI luar negeri yang sekolah di SMA maupun SRI (Sekolah Republik Indonesia) dari luar negeri. 

Pendaftaran online dimulai per jalur, pendaftaran pertama untuk jalur SNMPTN pada bulan April sampai pertengahan Juli 2020 kemarin. Jika terlambat atau mungkin tidak lolos seleksi, maka bisa mencoba di jalur pendaftaran lainnya.