PENDAFTARAN UI

PENDAFTARAN UI


Pendaftaran Universitas Indonesia, bagi kamu yang memang berencana memasuki jenjang perkuliahan selepas SMA atau SMK dan MA. Maka saat sudah masuk di kelas XII tentu perlu mempersiapkan segala hal untuk bisa melanjutkan sekolah ke kampus favorit. Khusus untuk kamu yang punya cita-cita menjadi mahasiswa di UI atau Universitas Indonesia maka pahami dulu bagaimana proses pendaftarannya. 



Langkah-Langkah Mendaftar Mahasiswa Baru di UI 

Sebelum melakukan pendaftaran mahasiswa baru di UI, pastikan dulu sudah menentukan prodi atau jurusan kuliah yang diinginkan. Pastikan memilih dengan matang karena nantinya selama 4 tahun akan berada di prodi tersebut, jadi jangan sampai menyesal. Setelah penentuan prodi atau jurusan sudah dilakukan maka bisa langsung mendaftar dan berikut langkah-langkahnya: 

  1. Membuat akun, langkah pertama adalah membuat akun dulu di portal resmi UI yakni di https://penerimaan.ui.ac.id/register dan silahkan kamu isi semua kolom yang tersedia dengan data yang benar. 
  2. Selanjutnya adalah mengupload atau mengunggah foto berwarna terbaru berukuran 4x6 dan hal ini wajib supaya bisa langsung melakukan pendaftaran. 
  3. Setelah unggah foto dan pembuatan akun selesai maka bisa login dengan username dan password yang sudah dibuat, kemudian cari menu pendaftaran yang sudah tersedia di website. 
  4. Lakukan verifikasi pendaftaran, tujuan verifikasi ini untuk memastikan bahwa kamu sudah memilih dan mengisi prodi dengan benar. 
  5. Memilih prodi dan mengunggah berkas yang disyaratkan oleh prodi yang dipilih. 
  6. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran. 
  7. Mengunduh kartu ujian masuk dan dicetak. 
  8. Mengikuti jadwal ujian yang sudah ditentukan saat mencetak kartu ujian masuk di poin sebelumnya. 

Supaya bisa lolos maka penting untuk belajar dengan tekun supaya hasil tes masuk memuaskan. Kamu pun bisa masuk ke prodi yang diinginkan, selain itu pastikan mendaftar sesuai dengan prosedur. Termasuk untuk proses pembayaran pendaftaran yang bisa dibayarkan dengan metode transfer. 

Detail tata cara pembayaran nanti akan dijelaskan di website dan biasanya bisa menerima pembayaran dari berbagai bank terkemuka di Indonesia. Selain berusaha pastikan kamu juga rajin berdoa agar dimudahkan urusan ikut ujian masuk tersebut.