PENDAFTARAN UPI


Kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung atau UPI? Maka penting untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari yakni sejak kali pertama naik ke kelas XII di SMA. Mulailah dengan menentukan jurusan yang kamu inginkan atau yang kamu minati, sehingga saat pendaftaran dibuka kamu bisa langsung melakukan pendaftaran. 

Cara Mendaftar di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

Sama halnya dengan universitas lain, UPI sudah sejak lama membuka pendaftaran mahasiswa baru secara online. Adapun prosedur atau tata cara pendaftarannya adalah: 

  1. Mempelajari persyaratan pendaftaran, langkah ini bisa dilakukan dengan mengunjungi http://pmb.upi.edu. Supaya bisa tahu dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran. 
  2. Melakukan pendaftaran online ketika pendaftaran telah dibuka, yakni dengan mengunjungi situs  http://sps.pmb.upi.edu/
  3. Kamu sebagai pendaftar bisa memilih jenjang studi S1, S2, maupun S3 dan kemudian oleh sistem akan dibuatkan nomor pembayaran. Informasi ini tidak hanya berisi jumlah biaya pendaftaran yang harus segera dilunasi namun juga berisi informasi lainnya terkait jurusan atau prodi yang dipilih. 
  4. Melakukan pembayaran ke Bank BNI dengan menyebutkan nomor pembayaran kepada teller bank. 
  5. Setelah melakukan pembayaran secara langsung maka petugas Bank BNI akan memberikan nomor PIN khusus. 
  6. Masuk kembali ke website resmi UPI di halaman pendaftaran kemudian mengunggah semua dokumen persyaratan yang diminta. Seperti soft file untuk foto 4x66 berwarna, ijazah, transkrip nilai, dan lain sebagainya. 
  7. Setelah mengirimkan semua dokumen persyaratan maka kamu akan memperoleh Nomor Seleksi dan dipersilahkan untuk mencetak Kartu Tanda Peserta yang juga berisi informasi mengenai identitas, jadwal tes, dan ruangan dimana tes tersebut dilakukan. 
  8. Mengikuti tes seleksi ujian masuk di UPI. 
  9. Kamu bisa mengecek lulus tidaknya di website UPI yakni di  http://sps.pmb.upi.edu 

Bagaimana mudah bukan untuk mendaftar di UPI? Proses pendaftaran adalah yang termudah, kamu cukup mengunggah semua dokumen sesuai persyaratan. Jadi pastikan sudah dipersiapkan dengan matang agar bisa mengikuti tes dan memperbesar peluang untuk bisa menjadi mahasiswa di UPI.